Lang:

Pada 1966, Eka Sentosa (Alm.) bersama dengan Darmawan Putra Totong membuka toko cat kecil berukuran 40m2 di Jalan Gajah Mada 56, Jakarta. Toko ini diberi nama “Toko Tjat Sentosa” yang menjual produk cat yang masih jarang saat itu. Tidak hanya menjual cat, usaha kemudian terus berkembang dengan menjual bahan bangunan dengan produk yang lebih beragam.

Sejalan dengan perkembangan usaha, pada tahun 1970, Budyanto Totong dan Totong Kurniawan bergabung di toko tersebut dan bersama dengan saudara-saudaranya melakukan rencana yang lebih luas. Mereka melihat peluang tidak hanya menjual, tapi memasarkan dan mendistribusikan. Dimulailah perintisan usaha sebagai distributor bahan bangunan dengan modal kepercayaan.

PT Catur Sentosa Adiprana (“Perseroan”) didirikan pada bulan Desember 1983, karena begitu pesat perkembangan dalam segmen distribusi dimana kebutuahan akan sebuah manajemen yang moderen semakin tak terelakan.

Tidak berhenti sampai di situ, pada tahun 1997, Budyanto Totong melihat adanya kesempatan lain di segmen ritel moderen, yang memperkenalkan konsep “One Stop Shopping” bahan bangunan di Indonesia dengan brand Mitra10. Segmen ini dikembangkan dengan tujuan untuk menangkap peluang adanya perubahan pola berbelanja dari tradisional ke moderen, memperkuat sinergi dengan pemasok, transaksi yang berbasis tunai, dan memberikan margin keuntungan yang lebih tinggi.

Untuk terus bertumbuh dan mengembangkan kegiatan usahanya, Perseroan kembali memperkuat struktur permodalannya melalui proses “Initial Public Offering”. Perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 12 Desember 2007 dengan kode saham CSAP. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan adalah menjalankan usaha dibidang perdagangan barang hasil produksi.

 

Visi

Menjadi Perusahaan Nasional terdepan di bidang Distribusi & Logistik, dan Ritel di Indonesia dan Asia Tenggara

 

Misi

1. Mengutamakan kepentingan bersama bagi semua pihak terkait

2. Memberikan pelayanan terbaik

3. Meningkatkan Manajemen Supply Chain dan Inovasi Produk secara berkesinambungan

4. Kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat

5. Mengoptimalkan sumber daya manusia

 

Nilai

1. Integritas

2. Inovatif

3. Penghargaan kepada sumber daya manusia

 

Kegiatan Usaha

Segmen Distribusi Bahan Bangunan

Distribusi bahan bangunan berada dibawah PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSA) (holding sekaligus operating Company) dan Entitas Anaknya (PT Catur Aditya Sentosa, PT Catur Logamindo Sentosa, PT Catur Hasil Sentosa, PT Catur Adiluhur Sentosa, PT HCG Indonesia dan PT Eleganza Tile Indonesia). Saat ini dipasok lebih dari 15.000 SKU, yang merupakan jalinan kepercayaan lebih dari 40 prinsipal, yang melayani lebih dari 35.000 pelanggan retailer atau toko tradisional, dan diperkuat oleh lebih dari 400 armada serta gudang dengan luas lebih dari 150.000 m2.

5 prinsipal utama untuk segmen distribusi bahan bangunan antara lain :

1. PT Arwana Citra Mulia (Ceramic Tiles)

2. PT ICI Paints Indonesia (Paints)

3. PT Mulia Industrindo Tbk (Ceramic Tiles, Glass & Glass block)

4. PT Mowilex Indonesia (Paints)

5. PT Propan Raya ICC (Wood Finishing, Propan CPC and ANS)

 

Segmen Distribusi Consumer Goods

Distribusi consumer goods berada dibawah CSA dan Entitas Anaknya PT Catur Sentosa Anugerah. Saat ini dipasok dengan lebih dari 2.600 SKU, yang merupakan jalinan kerjasama dari 16 prinsipal, yang melayani lebih dari 95.000 pelanggan retailer atau toko tradisional, dan diperkuat oleh lebih dari 100 armada serta gudang dengan luas lebih dari 23.000 m2.

5 Prinsipal utama untuk segmen distribusi consumer goods antara lain :

1. PT Procter & Gamble Home Products Indonesia “P&G” (Consumer Goods products)

2. PT Frisian Flag Indonesia (Milk products)

3. PT Nutrifood Indonesia (Nutrisari)

4. PT Cakrawala Mega Indah / Univenus (Tissue products)

5. PT Tiga Pilar Sejahtera (Egg noodles, snacks)

 

Segmen Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement  (Mitra10)

Ritel moderen Mitra10 dibawah Entitas Anak PT Catur Mitra Sejati Sentosa. Saat ini dipasok dengan lebih dari 65.000 SKU, yang merupakan jalinan kerjasama lebih dari 400 prinsipal, dan diperkuat oleh lebih dari 120 armada serta gudang dengan luas lebih dari 43.000 m2.

5 prinsipal utama untuk segmen ritel moderen bahan bangunan  & home improvement (Mitra10) antara lain :

1. Foshan Sincere Ceramics Co.Ltd (Granit)

2. PT ICI Paints Indonesia (Cat)

3. PT Satya Langgeng Sentosa (Keramik)

4. PT Dwimitra Nuansa Satria (Keramik)

5. PT Niro Ceramic Sales Indonesia (Granit)

 

Segmen Ritel Moderen Home Furnishings (Atria)

Ritel moderen Atria dibawah Entitas Anak PT Catur Sentosa Berhasil. Saat ini dipasok dengan lebih dari 7.500 SKU, yang merupakan jalinan kerjasama lebih dari 130 prinsipal, dan diperkuat oleh lebih dari 20 armada serta gudang dengan luas lebih dari 15.000 m2.

Beberapa prinsipal utama untuk segmen ritel moderen home furnishings (Atria) antara lain :

1. PT. Cipta Kresindo Gracia (Matras)

2. Shenzhen Desheng Furniture Co., Ltd (Furniture)

3. Lian Yu Trading Co. (Furniture)

4. Star Furniture Pte.Ltd (Furniture)

5. Top Team Corporation Ltd. (Furniture)